RUMAH MINIMALIS MODERN 2018

RUMAH MINIMALIS MODERN 2018
Jual Unit Rumah Cas dan Kredit di Kota Prabumulih - SUMATERA SELATAN

MEMBUAT KAVLING DAN BADAN JALAN

. Pembuatan Kavling dan Badan jalan merupakan pekerjaan yang dapat dkerjakan berdampingan, karena dalam proses pengalian badan jalan tentu juga telah disesuaikan pengukurnya dengan ukuran kavling.

Untuk badan jalan sudah ada Ukuran standard yang biasa digunakan, atara lain untuk jalan utama lingkungan perumahan biasa dibuat lebar jalan antara 8 - 12 meter dan jalan lingkungan dengan ukura 5 - 7 meter namun lebar jalan tentu harus sesuai standar dan fungsi jalan tersebut dan tentu juga harus diperhitungkan pada luasan pada  sisi kiri dan kanan yang nantinya akan di pergukana untuk saluran air limbah Rumah Tangga.

Pada prinsipnya kepadatan tanah pada badan jalan dan kavling bangunan harusnya sama, namun untuk badan jalan ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

Badan Jalan
Kavling dan Jalan

Kondisi Tanah Badan Jalan

Jika kondisi tanah pada lokasi yang akan dibuat untuk badan jalan sebelunya merupakan rawa, lahan gambut atau sawah perlukita lakukan pengalian lebuh dalam lagi, karena pada kondisi tersebut tanah bersifat labil. Apalagi jika pebuatan jalan diatasnya dengan bahan aspal dan bebatuan, jalan akan lebih cepat rusak kalau kondisi kepadatan tanah tidak memenuhi standar.

Untuk kondisi tanah yang kadar airnya cukup tinggi kita harus melakukan pengalian sampai pada dasar tanah yang keras dan yang tidak lagi banyak kandungan airnya, baru setelah itu kita lakukan penimbunan kembali dengan mengunakan tanah merah kering dan dilakukan pemadatan diatasnya kembali dengan mengunakan alat berat.

Namun jika kondisi tanah pada umumnya lahan gambut dan kadar airnya sulit untuk berkurang Pembuatan jalan sebaiknya dengan mengunakan cor beton dengan tulang besi.

Lapisan Timbunan Badan Jalan

Seperti yang telah kita bahas di atas tadi, setelah melakukan pengalian badan jalan kita ;akukan penimbunan badan jalan dengan mengunakan tanah merah lalu di padatkan. Berikutnya penimbunan dilakukan dengan bahan batu batuan dengan ketingian sampai 30 cm. 

Berikutnya dilapisi lagi dengan batu koral bercampur tanah dan dilakukan pemadatan dengan waless dan ditambahkan air supaya tingkat kepadatannya maksimal.

Setelah penimbunan dasar selesai barulah dilakukan pengaspalan dengan lapisan standar pengaspalan jalan. Demikian pembahasan kita untuk pembentukan badan jalan. terimakasih

.

0 Response to "MEMBUAT KAVLING DAN BADAN JALAN"

Posting Komentar